innovation
Posted by Cerita samsul on 05.46 with No comments
kita awali
dengan sebuah pertanyaan:
gimana caranya berinovasi yang baik dan memiliki daya guna?
Idealnya inovasi
itu harus mampu menjawab kegelisahan yang ada di masyarakat, mampu menjawab
kebutuhan dari masyarakat. esensi dari inovasi sendiri adalah untuk memecahkan
masalah yang sedang terjadi/dihadapi perorangan maupun kelompok orang. jadi kalau
kita bisa cerdik dalam menagkap sebuah informasi, di setiap masalah disana ada
solusi. solusinya apa solusinya adalah inovasi itu sendiri. maka selayaknya
para wirausahawan harus bisa memberikan solusi atas masalah, juga harus mampu
meramalkan jika masalah itu belum dirasakan sebagai sebuah masalah.
Banyak orang yang
sudah terlalu sempit untuk memaknai cara beinovasi hanya terbatas pada: tambah,
kurangi, tiru, ubah dan kombinasikan (takutiruko)
saja. tapi aku pikir masih belum memahaimi esensi/tujuan dari inovasi. Semisal,
ada seseorang pedagang yang mau berinovasi membuat sambel pecel, yang biasanya
mengunakan kacang di ganti dengan mengunakan mente.... apakah ini yang di
maksut inovasi?? inovasi itu tidak sesederhana menganti kacang dengan mente,
bukan sekedar membuat sesuatu yang lain. kalau mengikuti prinsip (takutiruko),
itu tadi termasuk mengubah. namun yang menjadi pertanyaan, apakah perubahan itu
dibutuhkan di oleh masyarakat? apakan perubahan itu mampu memecahkan
permasalahan orang lain?? kalaupun tidak, bisa dipastikan pasar tidak akan
menerimanya. hehehe low kalau belum dicoba mana kita bisa tau hasilnya bakalan
seperti apa?? ya, itu maksutnya kita (wirausahawan baru) seringkali menjalankan
bisnisnya hanya dengan coba-coba saja, inget ini bisnis low bukan sekedar
coba-coba.(hehehehehe kalau buat anak
boleh coba-coba)
Sudah terlanjur
terdoktrin dalam pemahaman kita kalau inovasi adalah yang di terima oleh pasar.
yang tidak kita sadari adalah yang di terima pasar itu berarti mampu menjawab
kebutuhan pasar alias dibutuhkanoleh pasar. jadi kuncinya yang perlu kita pahami
bersama adalah apakan inovasi yang kita buat itu di butuhkan oleh pasar ataukah
tidak?? bagaimana caranya agar dibutuhkan?? bagaimana caranya agar pasar selalu
bilang iya pada produk yang kita tawarkan? berarti benagmerahnya adalah inovasi
yang kita buat harus mampu menjadi jawaban atas permasalahan pelangan kita.
kalau tidak mampu menjawab ya percuma. kemungkinan mereka hanya akan sekali
membeli, kemudian tidak akan kembali untuk membeli lagi, yang perlu kita ingat
adalah inovasi itu adalah bagaimana kita memecahkan masalah orang lain.
hukum
selanjutnya adalah "orang akan rela membayar berapapun selama tidak lebih
besar dari harga kepuasan yang mereka peroleh” (itu kata pak.don) contoh: orang menjual sepatu bermerek , itu
untuk menjawab masalah orang yang ingin terlihat lebih wah dibanding yang lain dan menjadikan
rasa percaya dirinya bertambah setelah memakai sepatu bermerek tersebut.... adalah nilai
tambah yang benar kita tawarkan kepada konsumen. kalaupun barang yang kita
tawarkan kepada pasar itu sama-sama saja seperti yang di tawarkan oleh orang
lain, maka salah satu alternatif cara agar konsumen tetap membeli baarang kita
adalah dengan mengunakan strategi harga yang kita gunakan lebih murah. ya, itu
yang kebanyakan dilakukan oleh seorang pedangang, oleh sebab itu bersaing dengan
menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah untuk bersaing itu bukan
cara seorang Entrepreneur. seorang Entrepreneur/wirausaha akan bertarung
dengan memberikan value yang lebih
baik kepada konsumen. pertanyaanya adalah bagaimana supaya pelangan bisa
membeli dengan harga yang wajar walau kita memberikan nilai tambah?
perlu
diperhatikan, sering kali ketika kita membuta inovasi jatuhnya malah menambah
angaran belanja kita semakin besar. misal: yang lagi ngetren saat ini adalah
pasang wifi dirumah makan agar orang yang makan di situ betah berlama-lama di
rumah makan tersebut. ini menambah value
ya masuklah, tapi sekaligus menambah biaya yang harus kita (rumah makan) keluarkan. seorang Entrepreneur harus mampu memecahkan itu value rumah makan naik tapi juga bisa menekan biaya produksi.
kalau inovasi
membuatkita rugi kan percuma. jadi bagaimana agar berhasil?? ingat kuncinya
adalah inovasi itu harus mampu memberikan solusi atas permasalahan konsumen,
mampu menjawab apa yang di butuhkan pasar. bahkan ketika kita mampu melihat dan
berfikir, maka kita akan mampu mengetahui apa sebenarnya yang di butuhkan oleh
pasar yang masih belum begitu nampak atau belum terlihat untuk saat ini. misal
kita melompat ke 5 atau 10 tahun tyang akan datang apa yang akan di butuhkanoleh
orang?? wow.... tidak semua orang bisa memikirkan hal itu. coba di ingat 15 tahu yang lalu tidak semua orang butuh
handpone. kini seakan akan hendpone masuk dalam kebutuhan pokok yang setiap
hari harus ada.(heheheheh ibarat hidup
tanpa handpone serasa hidup ada yang kurang)
Untuk mengetahui
kebutuhan yang di butuhkan oleh pasar saat ini atau kebutuhan yang akan datang
memang tidak sulit juga tidak mudah, asal kita mau berfikir dan bertindak yang
benar. hehehehe jagan sekedar menambah, mengurangi atau mengubah. apa yang
dimasut tes pasar, seharusnya harus di awali dengan berempati terhadap pasar
itu sendiri. apa itu empati terhadap pasar??
kita maksutnya mampu melihat, mendengar dan merasakan apa yang di
butuhkan dan juga di inginkan oleh pasar. kita perlu memiliki rasa peka terhadap
lingkungan.
sebagai
pembelajaran kewirausahaan, kita selalu di tekankan kepada passion, vision,
inovasi dan peluang. dari ke empat hal ini sebenarnya saling berkaitan. ketika
apa yang menjadi pasion kita di kawin silangkan dengan peluang, ini akan
menjadi vision. lalu bagaimana kita bisa mengetahui itu adalah peluang?? ya
dengan kita peka kepada kebutuhan pasar, baik pasar di masa depan ataupun saat
ini.
contoh:
inovasi, di masalalu roti burger itu berbentuk kotak, seperti hanya
sandwich.... tp McD melakukan inovasi agar orang menjadi mudah saat memakan dan
membawa roti burger dengan mengubahnya menjadi bundar. ala hasil perubahan ini
menjadikan orang mudah membawa dan makan sebab bisa dimakan dari sudut mana
saja cukup hanya dengan mengeser rotinya. ini inovasi, walaupun di masalalu
pasar tidak langsung bisa menerima inovasi yang dilakukan oleh McD, tetapi
pihak McD sudah berfikir lebih jauh kedepan bahwa masalah itu ada dan kemudian
di jawab melalui inovasi.
inovasi itu pada
dasarnya adalah untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah lebih
berkualitas. dan memberi nilai tambah kepada konsumen
Categories: ARTIKEL



0 komentar:
Posting Komentar