innovation

Posted by Cerita samsul on 05.46 with No comments


kita awali dengan sebuah pertanyaan:
gimana caranya berinovasi yang baik dan memiliki daya guna?

Idealnya inovasi itu harus mampu menjawab kegelisahan yang ada di masyarakat, mampu menjawab kebutuhan dari masyarakat. esensi dari inovasi sendiri adalah untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi/dihadapi perorangan maupun kelompok orang. jadi kalau kita bisa cerdik dalam menagkap sebuah informasi, di setiap masalah disana ada solusi. solusinya apa solusinya adalah inovasi itu sendiri. maka selayaknya para wirausahawan harus bisa memberikan solusi atas masalah, juga harus mampu meramalkan jika masalah itu belum dirasakan sebagai sebuah masalah.

Banyak orang yang sudah terlalu sempit untuk memaknai cara beinovasi hanya terbatas pada: tambah, kurangi, tiru, ubah dan kombinasikan (takutiruko) saja. tapi aku pikir masih belum memahaimi esensi/tujuan dari inovasi. Semisal, ada seseorang pedagang yang mau berinovasi membuat sambel pecel, yang biasanya mengunakan kacang di ganti dengan mengunakan mente.... apakah ini yang di maksut inovasi?? inovasi itu tidak sesederhana menganti kacang dengan mente, bukan sekedar membuat sesuatu yang lain. kalau mengikuti prinsip (takutiruko), itu tadi termasuk mengubah. namun yang menjadi pertanyaan, apakah perubahan itu dibutuhkan di oleh masyarakat? apakan perubahan itu mampu memecahkan permasalahan orang lain?? kalaupun tidak, bisa dipastikan pasar tidak akan menerimanya. hehehe low kalau belum dicoba mana kita bisa tau hasilnya bakalan seperti apa?? ya, itu maksutnya kita (wirausahawan baru) seringkali menjalankan bisnisnya hanya dengan coba-coba saja, inget ini bisnis low bukan sekedar coba-coba.(hehehehehe kalau buat anak boleh coba-coba)

Sudah terlanjur terdoktrin dalam pemahaman kita kalau inovasi adalah yang di terima oleh pasar. yang tidak kita sadari adalah yang di terima pasar itu berarti mampu menjawab kebutuhan pasar alias dibutuhkanoleh pasar. jadi kuncinya yang perlu kita pahami bersama adalah apakan inovasi yang kita buat itu di butuhkan oleh pasar ataukah tidak?? bagaimana caranya agar dibutuhkan?? bagaimana caranya agar pasar selalu bilang iya pada produk yang kita tawarkan? berarti benagmerahnya adalah inovasi yang kita buat harus mampu menjadi jawaban atas permasalahan pelangan kita. kalau tidak mampu menjawab ya percuma. kemungkinan mereka hanya akan sekali membeli, kemudian tidak akan kembali untuk membeli lagi, yang perlu kita ingat adalah inovasi itu adalah bagaimana kita memecahkan masalah orang lain.

hukum selanjutnya adalah "orang akan rela membayar berapapun selama tidak lebih besar dari harga kepuasan yang mereka peroleh” (itu kata pak.don) contoh: orang menjual sepatu bermerek , itu untuk menjawab masalah orang yang ingin terlihat lebih wah dibanding yang lain dan menjadikan rasa percaya dirinya bertambah setelah memakai sepatu bermerek tersebut.... adalah nilai tambah yang benar kita tawarkan kepada konsumen. kalaupun barang yang kita tawarkan kepada pasar itu sama-sama saja seperti yang di tawarkan oleh orang lain, maka salah satu alternatif cara agar konsumen tetap membeli baarang kita adalah dengan mengunakan strategi harga yang kita gunakan lebih murah. ya, itu yang kebanyakan dilakukan oleh seorang pedangang, oleh sebab itu bersaing dengan menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah untuk bersaing itu bukan cara seorang Entrepreneur. seorang Entrepreneur/wirausaha akan bertarung dengan memberikan value yang lebih baik kepada konsumen. pertanyaanya adalah bagaimana supaya pelangan bisa membeli dengan harga yang wajar walau kita memberikan nilai tambah?

perlu diperhatikan, sering kali ketika kita membuta inovasi jatuhnya malah menambah angaran belanja kita semakin besar. misal: yang lagi ngetren saat ini adalah pasang wifi dirumah makan agar orang yang makan di situ betah berlama-lama di rumah makan tersebut. ini menambah value ya masuklah, tapi sekaligus menambah biaya yang harus kita (rumah makan) keluarkan. seorang Entrepreneur harus mampu memecahkan itu value rumah makan naik tapi juga bisa menekan biaya produksi.

kalau inovasi membuatkita rugi kan percuma. jadi bagaimana agar berhasil?? ingat kuncinya adalah inovasi itu harus mampu memberikan solusi atas permasalahan konsumen, mampu menjawab apa yang di butuhkan pasar. bahkan ketika kita mampu melihat dan berfikir, maka kita akan mampu mengetahui apa sebenarnya yang di butuhkan oleh pasar yang masih belum begitu nampak atau belum terlihat untuk saat ini. misal kita melompat ke 5 atau 10 tahun tyang akan datang apa yang akan di butuhkanoleh orang?? wow.... tidak semua orang bisa memikirkan hal itu. coba di ingat  15 tahu yang lalu tidak semua orang butuh handpone. kini seakan akan hendpone masuk dalam kebutuhan pokok yang setiap hari harus ada.(heheheheh ibarat hidup tanpa handpone serasa hidup ada yang kurang)

Untuk mengetahui kebutuhan yang di butuhkan oleh pasar saat ini atau kebutuhan yang akan datang memang tidak sulit juga tidak mudah, asal kita mau berfikir dan bertindak yang benar. hehehehe jagan sekedar menambah, mengurangi atau mengubah. apa yang dimasut tes pasar, seharusnya harus di awali dengan berempati terhadap pasar itu sendiri. apa itu empati terhadap pasar??  kita maksutnya mampu melihat, mendengar dan merasakan apa yang di butuhkan dan juga di inginkan oleh pasar. kita perlu memiliki rasa peka terhadap lingkungan.

sebagai pembelajaran kewirausahaan, kita selalu di tekankan kepada passion, vision, inovasi dan peluang. dari ke empat hal ini sebenarnya saling berkaitan. ketika apa yang menjadi pasion kita di kawin silangkan dengan peluang, ini akan menjadi vision. lalu bagaimana kita bisa mengetahui itu adalah peluang?? ya dengan kita peka kepada kebutuhan pasar, baik pasar di masa depan ataupun saat ini.

contoh: inovasi, di masalalu roti burger itu berbentuk kotak, seperti hanya sandwich.... tp McD melakukan inovasi agar orang menjadi mudah saat memakan dan membawa roti burger dengan mengubahnya menjadi bundar. ala hasil perubahan ini menjadikan orang mudah membawa dan makan sebab bisa dimakan dari sudut mana saja cukup hanya dengan mengeser rotinya. ini inovasi, walaupun di masalalu pasar tidak langsung bisa menerima inovasi yang dilakukan oleh McD, tetapi pihak McD sudah berfikir lebih jauh kedepan bahwa masalah itu ada dan kemudian di jawab melalui inovasi.

inovasi itu pada dasarnya adalah untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah lebih berkualitas. dan memberi nilai tambah kepada konsumen
Categories: